Rejeki dan Ilmu itu kurang lebih sama, tidak perlu menunggu kaya untuk mulai berbagi

Setelah beberapa tahun menulis di platform Wordpress dan hanya menghasilkan beberapa tulisan, saya mulai merasakan perlunya platform yang lebih simpel dan tidak njelimet, intinya memotivasi saya untuk... bagaimana mengekspresikannya ya... mungkin seperti ini: just f***ing write.

Dulu rasanya berat sekali untuk bisa meluncurkan tulisan baru secara rutin, katakanlah seminggu satu tulisan, atau bahkan sebulan satu tulisan deh. Bukannya saya malas atau lupa me-manage situs blog saya; saya sering sekali meluangkan waktu barang sejam - dua jam untuk membuka dan mengoprek situs Wordpress saya di sela-sela waktu sibuk saya (yang sebenarnya tidak sibuk-sibuk amat). Hanya saja, tiap kali saya membuka halaman manajemen Wordpress saya, saya malah berakhir mengutak-atik berbagai hal yang sebenarnya kurang penting, alih-alih menulis. Makanya kali ini saya ingin mencoba menulis di platform Ghost yang lebih sederhana ini, mudah-mudahan perpindahan ini membuat saya bisa lebih sering mengeluarkan tulisan baru.

Mau Nulis Apa Sih?

Orang-orang yang kenal blog lama saya (well, jumlahnya paling tidak sampai lima orang) mungkin menyadari hal yang beda di blog ini: biasanya saya menulis dalam Bahasa Inggris, tapi di dalam blog ini semuanya (akan) ditulis dalam Bahasa Indonesia. Saya terinspirasi oleh rekan saya Mas Agung Setiawan yang menulis blog teknikal untuk berbagi ilmu dalam Bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami oleh rekan-rekan sebangsa setanah air.

Jadi sebenarnya apa yang ingin saya lakukan dengan blog ini persis seperti yang beliau lakukan, berbagi ilmu tentang pengembangan web kepada rekan-rekan sebangsa setanah air. Bedanya adalah, kalau beliau utamanya berbagi seputar back end development, kalau saya akan berfokus ke front end development sesuai lingkup pencarian nafkah saya.

Jadi, Anda bisa menduga bahwa blog ini akan diisi oleh macam-macam tips & trik,pengetahuan umum, Aha! moments dan trivia lainnya seputar HTML, CSS dan Javascript. Mungkin akan ada beberapa tulisan yang keluar topik, karena saya juga ingin menjadikan blog ini tempat menumpahkan hal-hal baru yang saya pelajari seiring saya mendalami dunia web development ini.

Eh Sebentar, Emangnya Kamu Siapa Sih?

Oh iya, maaf saya lupa berkenalan. Saya Faisal Rahman, jangan di-google ya, karena banyak sekali orang dengan nama yang sama dengan saya, tidak akurat nanti. Saya adalah seorang front end developer junior yang saat ini berkarya di Bukalapak (itu loh, pasar online yang keren itu). Saat bosan ngoding,saya biasanya main video game. Saat bosan main video game, saya biasanya menonton film atau series (baru-baru ini terpincut oleh series Stranger Things di Netflix). Saat bosan nonton atau tidak bisa tidur, saya biasanya baca-baca Wikipedia, seru dan mendidik loh.

Anda bisa temui saya di Facebook, Linkedin, dan Github. Oke, sekian perkenalan dari saya. Sekarang, yuk menjelajah dunia front end bersama saya.